CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Jumat, November 06, 2009

NURUT

By: Grace Suryani

China itu bener2 ‘padang gurun’. Mau ke gereja aja susah. di sini ada 2 macem gereja. Gereja pemerintah yang kedua gereja bawah tanah. Yang pasti dua2nya ngga ‘seseram’ yang ada di bayangan org2 di Indo. Gereja pemerintah sekalipun diawasin ama pemerintah, tapi yah khotbah mereka ngga sesat kok. Mereka mengakui Tuhan Yesus sebagai Tuhan, Tuhan Yesus satu2nya jalan keselamatan. Ada altar call, ada baptis juga. Gereja bawah tanah (kita biasa bilang ‘gereja rumah’) juga ngga sesera m yang dulu kita bayangkan. Itu emank illegal, en kalau pas digrebek yah saya kena deportasi (tapi ngga pa-pa, deportasi kan cepet pulang hihihihi).

But apa yang nampak permukaan seringkali bukan kondisi yang sebenarnya … Salah seorang penginjil yang melayani di sini bilang, emank dari luar keliatannya semuanya aman damai dan terkendali, tapi benernya masih ada banyak ‘masalah’ di dalam.

Benernya saya jauh lebih pengen ke gereja rumah daripada ke gereja pemerintah. Abis di gereja pemerintah ‘kering kerontang’. Udeh kagak ngarti pdtnya ngomong apaan (pdtnya aja kalau ngomong bhs mandarin ngga ‘biao zhun’!!), puji-pujiannya kerriinnggg sekali. Duh sengsara rasanya! But ketika saya bilang ama beberapa penginjil yang ada di sini kalau saya mau pindah ke gereja rumah mereka semua ‘tidak setuju’. Saya tau tujuan mereka itu baik en emank beralasan, but jujur aje saya gondok setengah mati! kenapa gue ngga boleh pergi?!

Tadinya dalam hati saya mikir, ‘liat aje ntar … kalau kagak ketauan gue pergi diem2’. Kalau gue putusin mau pergi, yah gue pergi!

Tiba2 Roh Kudus tegor saya dgn sangat jelas, ‘hormati otoritas.’ Otoritas … aiyaa saya langsung diem. Dulu sewaktu saya SMU, saya udeh pernah diajar mengenai otoritas, gimana kita harus nurut ama org2 yg Tuhan tempatkan utk punya otoritas di atas kita. Harus nurut sekalipun kita ngga setuju, en nurutnya juga harus dgn sukarela bukan dgn ngedumel! Org yg punya otoritas itu bahasa simpelnya, org2 yg ada di atas kita en mereka bertanggung jawab atas kita. Mis papa mama, guru2 di sekolah, pemerintah. Mereka org2 yg diberikan otoritas ama Tuhan.

Tadinya saya tetep kagak terima! Gimana bisa, mereka itu siapa, gue baru kenal juga di sini trus punya hak apa ngatur2 gue?! Tapi laghie2, kata2 yg sama ‘hormati otoritas!’ mau ngga mau saya diem. Saya tau apa yg Roh Kudus bilang itu betul. Sekalipun sepertinya mereka tidak punya hak apa2 atas saya, tapi di sini Tuhan tempatkan mereka utk punya otoritas di atas saya. di sini ngga ada papa mama, kalau ada yah mereka yg punya otoritas atas saya. nah berhubung tidak ada, maka Tuhan tunjuk orang lain.

Saya orang yang sangat bandel en suka memberontak. Apalagi kalau saya ngerasa saya bener, wah sudah deh org laen mau ngomong apa, gue ngga peduli. Dulu papa mama saya ngomong aje, gue cuekkin (sekarang sih udeh ngga!). makanya sekarang pas Tuhan tunjuk org2 yang baru saya kenal, saya ngga bisa terima. Mau marah rasanya. Tapi karena Tuhan udeh ngomong dgn sangat jelas, saya punya 2 pilihan nurut atau ngga. Akhirnya saya bilang, yah udeh Tuhan. Saya mau nurut. saya ngga akan ke gereja rumah sampe kondisi memungkinkan.

Guys, kenapa nurut ama org2 yg punya otoritas atas kita itu penting?! Karena kalau kita ngga bisa taat dgn org2 yg kelihatan MUSTAHIL kita bisa taat sama Tuhan. Kalau kita ngga bisa taat ama Tuhan, JANGAN HARAP PUNYA HIDUP YANG BAHAGIA! Kalau mau bahagia, mau dapet berkat, mesti taat. Kalau ngga taat, mah udeh kagak usah ngomong dah …

Sering banget kita cari berjuta alasan buat ngga taat. Buat ngga nurut. kalau dalam masalah saya, bisa aja saya beralasan ‘loh gue kan perlu makanan rohani yang segar … ngga mungkin di gereja pemerintah’. Keliatannya rohani kan?! Keliatannya baik. Tapi Tuhan bilang, ‘hormati otoritas!’ Ngga boleh pergi.

Guys, sering kita berpikir kayak Yakub. Mencoba untuk mendapatkan berkat dengan melanggar perintah Tuhan. En itu ngga mungkin. Jauh lebih penting taat sama Tuhan drpd dapet berkat. sekali lagi saya bilang, jauh lebih penting TAAT drpd dapet BERKAT. kita mau berkat, tapi ngga mau taat. Kalau dipikiran kita cuman berkaaattt melulu, lalu kita menghalalkan segala cara buat dapetin itu berkat, maka berkat itu akan jadi kutuk buat kita! Hal2 baik yg tadinya Tuhan sediakan untuk menyenangkan kita, berubah jadi kutuk. Karena hal2 yg baik itu MENGHALANGI kita buat dapet yg TERBAIK! Karena yang terpenting itu bukan berkat, tapi TUHAN.

Ketika Tuhan suruh ‘tunggu’, Tuhan bilang ‘taat’ maka itu berarti ada sesuatu yang Tuhan mau kerjakan! En kalau kita ngga mau taat, kita akan kehilangan yang terbaik. Sekarang terserah, mau pilih yang mana. Nurut apa ngga.

Buat saya, ketika Tuhan bilang ‘hormati otoritas, sekalipun itu sakit tapi itu yg terbaik buat saya kalau saya terus berontak, bukan ngga mungkin suatu hari nanti saya akan berontak melawan Tuhan. En Tuhan ngga mau terjadi! Makanya saya dididik supaya saya belajar nurut. dan saya tau, ketika saya taat akan ada hasil yang indah. Yang pasti Tuhan seneng kalau saya taat, en kalau itu bisa bikin Tuhan seneng bukannya itu yang TERPENTING?! Itu kan yang kita nyanyiin … yg terutama di dalam idup ini menyenangkan hati Tuhan …

Saya juga diajar untuk percaya, bahwa yang bikin rohani saya terus idup dan maju, bukan gereja yang baik, bukan khotbah yang bermutu, bukan mukjizat, tapi TUHAN yang akan bikin kehidupan rohani saya terus maju dan idup. Paulus bilang di 1 kor 3 : 6 ”Tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.” Bukan manusia. Bukan hikmat manusia yang memberi makan, tapi Allah. Rohani saya akan terus maju kalau saya taat!

Guys, kita besar di satu generasi yang diajar untuk memberontak. Dari kecil itu yg kita dapetin di TV, buku, komik … tapi sekarang Tuhan mau bangkitkan 1 generasi yang akan melakukan hal2 besar buat Tuhan. Tapi ada syaratnya, generasi itu harus generasi yang taat. Tanpa ketaatan, tidak ada kedamaian.

China, 08 Juni 2004

Ketika aku berjalan di padang gurun, yang kata org tempat kematian … susah cari sumber aer, susah cari makan, tapi aku bersyukur. Aku bersyukur untuk tempat yang sempurna ini … tempat ini sempurna karena aku bisa belajar untuk memandang ke atas dan berterima kasih. Karena di atas ada Bapa yang memelihara, ada Bapa yang memberi aku makanan setiap pagi yang secukupnya. Setiap pagi, selalu ada makanan yang baru … aku tidak pernah kelaparan.

Ketika aku berjalan di padang gurun yang kata org tempat kematian, aku justru menemukan kehidupan yang sejati … karena di tengah segala kesunyian aku menemukan DIA …

0 komentar: